Adsense di Situs 21cineplex Mengganggu

Oleh: Stefanus Akim

Sebagai salah satu pengunjung rutin situs 21cineplex saya merasa terganggu dengan pemasangan iklan adsense di situs tersebut.

Bukan karena tampilannya, namun karena loading yang lama, serta kita seolah ’dipaksa’ untuk mengkilk iklan adsense. Sebagai satu-satunya jaringan penayang film yang hingga kini masih bertahan dan memiliki jaringan hampir di semua kota besar di Indonesia, saya pikir Cineplex tak mesti melakukan hal ini. Apa lagi jika motivasinya hanya untuk mendapatkan uang tambahan sebagai publisher adsense.

Sebab kita tahu keuntungan dari pemutaran film saja sudah lebih dari cukup untuk mengisi pundi-pundi berangkas Cineplex. Sudah menjadi rahasia umum jika saat ini Cineplex lah jaringan bioskop terbesar di Indonesia.

Tak ada aturan yang terlalu kaku memang situs seperti apa yang mesti menjadi publisher adsense. Namun ini saya pikir sudah kurang baik dan mengganggu pelanggan Cineplex sendiri. Lain persoalan jika kita rela mengklik iklan, bukan karena ‘terpaksa’.

Iklan dengan menggunakan search engine google disimpan Cineplex di kiri atas situs ini. Persisnya diatas folder: home, news, dan seterusnya. Kita yang mencari informasi film, mau tak mau harus mengklik search. Artinya setuju tak setuju kita mesti klik iklannya adsense di Cineplex.

Belum lagi di halaman muka tak semua film terbaru dipasang. Mungkin ini salah satu trik agar kita yang ingin tahu tentang sinopsis sebuah film mengklik search engine google. Setelah search engine diklik, maka yang akan muncul sederet situs. Kemudian di sisi kanannya sederet iklan adsense juga muncul.

Saya menggunakan situs ini karena butuh info tentang film. Sebagai pengelola desk hiburan, saya juga butuh poster-poster film.

Sejumlah media sebenarnya juga menggunkan search engine google. Diantaranya Kompas, Detik, Okezone dan seterusnya. Hanya saja cara memasangnya lebih elegan. Search engine google dipasang dengan dua pilihan, web umum dan internal situs masing-masing. Jadi saat search kita tak kemana-mana. Jika Cineplex melakukan hal yang sama saya pikir juga tak terlalu masalah dan buatlah agar pelanggan mudah mengaksesnya.□

Friday, November 23, 2007 |

1 komentar:

Il Squalo 16 said...

halah...masa situs milik perusahaan besar pake iklan adsense .. malu2in banget...gimana tuh pengelola situs..ga bisa bikin search engine kali ya :p

Kategori

Total Pageviews