Launching Blog Pencinta Buku

Saya membuat sebuah blog baru bernama Pencinta Buku. Blog ini awalnya saya rencanakan untuk menyimpan segala koleksi buku saya yang tidak terlalu banyak. Selain itu untuk mengumpulkan situs atau blog penerbit, pemilik buku, pemerhati buku dan yang berkaitan dengan segala sesuatunya.

Blog ini juga direncanakan sebagai tempat menyimpan resensi buku yang saya buat. Atau, untuk menyimpan semacam resume dan catatan-catatan penting tentang buku. Sehingga, ketika saya membutuhkan literature maka proses pencariannya akan mudah. Menyimpan data apa lagi tulisan di blog saya pikir cukup efektif. Sebab bisa dinikmati oleh mereka yang merasa perlu dan membutuhkan dan saya tak perlu membawa ’bagasi’ kemana-mana selama ada fasilitas komputer dan jaringan internet. Di kantor kebetulan internetnya online 24 jam dan gratis sebab sudah dibayarkan kantor. Kendala mungkin jika listrik padam. Jadi sangat memungkinkan untuk itu.

Blog Pencinta Buku sebenarnya sudah lama saya buat. Saat itu di Blogspot. Namun karena kurang diurus, jadinya terbengkalai. Saya memutuskan menutup di blogspot dan membuat format baru di Wordpress. Pertimbangannya ada fitur-fitur yang cukup menarik di Wordpress yang cocok untuk buku. Jadilah situs itu http://pencintabuku.wordpress.com/

Jika Anda kebetulan mengunjungi situs ini, Anda dapat mengklik logo warna merah biru persegi panjang dengan tulisan RUMAH LAIN. Tepatnya di sebelah kiri tepat diatas foto. Anda juga dapat mengklik di bagian bawah sekali dengan tulisan P’CINTA BUKU. Warnanya agak kalem, abu-abu.

Hari ini saya juga di telepon orang Mizan Media Utama (MMU) di Bandung untuk meresensi buku. MMC semacam lembaga pemasaran untuk buku terbitan Bentang Pustaka yang beralamat di Jl. Pandega Padma No. 19 Yogyakarta 55284.

Telepon tersebut untuk membalas email saya yang menawarkan diri untuk meresensi salah satu buku Truman Capote, In Cold Blood. Buku tersebut diterbitkan Bentang Pustaka, dengan ukuran 13×20.5 cm, jumlah halaman iv+476 dan dilepas di pasaran Rp55 ribu. Intinya MMU bersedia mengirimkan buku tersebut ditambah beberapa buah buku lain.

Ternyata setelah dikirimkan email sekaligus alamat blog mereka percaya dan respek untuk balik mengirimkan buku. Ini tentu saja sebuah kegembiraan buat saya. Semua orang tahu In Cold Blood adalah sebuah karya fantastik dengan genre narrative reporting yang ditulis Truman Capote diterbitkan berseri di The New Yorker pada tahun 1965. Pada tahun 1966 diterbitkan menjadi buku dan menjadi bestseller. Kini, setelah 42 tahun salah satu buku yang mengguncangkan dominasi pembuatan berita klasik dengan format 5W+H terbit di Indonesia. Buku ini adalah salah satu pelopor new journalism. Tentu saja banyak orang yang ingin membaca dan menyimpannya di perpustakaan pribadi.

Lewat email saya juga mendapat kiriman ucapan selamat dari Google AdSense. Isinya Aplikasi Google AdSense saya telah disetujui. Saya akan segera mulai melihat iklan Google relevan yang muncul di blog utama saya: http//stefanusakim.blogspot.com. ”Namun, perlu diingat bahwa jika Google belum menjelajahi situs Anda, iklan yang relevan mungkin belum terlihat hingga 48 jam,” bunyi salah satu email tersebut.

Hanya saja setelah saya cek ternyata nilai dollarnya baru 0.00 $. Hikhikhik...biar sajalah. Sebab tujuan utama saya memasang Google AdSense sebagai bentuk ucapan terima kasih buat google – blogspot – yang telah menyediakan blog gratis. Dan tentu saja saya tak munafik semoga ada yang berbaik hati mengklik Google AdSense saya.

Semoga semuanya bermanfaat bagi kita semua. Salam…

Tuesday, October 2, 2007 |

0 komentar:

Kategori

Total Pageviews