Pontianak dalam Blog

Perkembangan Weblog di Pontianak akhir-akhir ini ternyata sangat tinggi. Salah satunya apa yang dimuat dalam http://www.yaserace.blogspot.com/. Berikut tulisannya yang coba saya upload kembali.

Sunday, June 10, 2007
Pontianak dalam Blog

Dulu saya sempat menulis begini:Satu dekade terakhir kita seakan terhenyak menyadari kenyataan bahwa kehadiran teknologi, apapun namanya, tetaplah hanya sebagai alat. Manusialah yang menentukan arah dan tujuannya—Man behind the gun. Laksana pisau yang bermata dua. Teknologi, dalam hal ini internet memiliki dua sisi kontradiktif yaitu positif dan negatif. Positifnya, melalui internet kita dapatkan lautan ilmu pengetahuan tanpa batas; kita dengan mudah menjalin komunikasi tanpa terbelenggu jarak, ruang dan waktu. Ilmu, hiburan dan komunikasi merupakan benang merah manfaat internet yang dapat diraih. (PCplus, 19-25 Februari 2003).

Meski pada saat menulis itu saya sangat sadar sisi positif internet, namun saya tidak menyangka bahwa eksploitasi sisi positif internet itu belumlah “selesai”. Bahkan hingga goresan tulisan ini anda baca.Ya, pada saat menulis itu (2003), saya yang baru mengenal sebatas e-mail, chatting, browsing saja sudah berani menulis sebegitu indahnya tentang internet. Apalagi sekarang, dengan pemahaman yang lebih berwarna. Hehehe.

Siapa yang menyangka, bahwa kita terhubung melalui lima rantai pertemanan. Saya akan terhubung dengan Bill Gates melalui kawan saya punya teman, temannya itu punya sahabat, sahabatnya itu punya sohib, Sohibnya itu punya rekan bernama Bill Gates! Ini berkali-kali dibuktikan secara ilmiah. Di internet, ini terjadi begitu mudah. Selain dengan friendster, juga bisa lewat e-mail.

Anda ingin menulis e-mail ke Presiden Ahmadinejad, misalnya. Anda cukup mengirimkannya kepada teman yang anda kenal. Nantinya e-mail itu, secara berantai, akan mampir ke inbox Ahmadinejad. Dengan catatan, Ahmadinejad punya account e-mail lho! heheheNamun kegundahan, seperti biasa, juga menyembul melihat bahwa kita tak beranjak, tak lebih hanya sekedar: pemakai (baca: konsumen).

Semua keajaiban di internet itu lahir dari pahlawan-pahlawan manca negara. Tersebut nama-nama: John Mauchly, David Filo, Jerry Yang, Gordon Moore dan masih banyak lagi. Kemana si Mamat, Amir, Budi, Joko, Agus. Kemana? Wait and see Hehehe.

Dengan kacamata “ni’mat”, setidaknya saya masih belajar menjadi pemakai yang produktif. Konsumen aktif, begitulah kira-kira. Salah satunya tercermin melalui blog ini.Berkaitan dengan blog, saya ingin menyisir aktivitas blogger Kalimantan Barat (ato Pontianak). Saya tidak mungkin masuk surga (dunia maya) sendirian! hahahaMetode yang saya pakai selain lewat googling, juga melalui jalan-jalan (blogrolling). Dari telusuran singkat saya, ada beberapa nama yang aktif: Nabilla dan Oesoep, salah duanya. Menyusul nama Rizqo, Zoel, Fadli dan Endi.Di jajaran media, nama Volare patut menjadi catatan. Namun sayang, posting terakhirnya dua tahun lalu.

Berikutnya, sejak kelahiran Borneo Tribune, terlahir blog-blog yang digawangi awak redaksinya, antara lain Stefanus Akim, Alex, Hairul Mikrad dan Tanto. Harapan besar tertumpu pada blogger ini, mengingat nama media yang disandangnya, Borneo Tribune. Koran ini patut menjadi catatan karena menyuguhkan menu berbeda dibanding koran lokal lainnya. Lebih banyak menu nurani. Agaknya ini diwakili oleh salah satu slogannya “idealisme”.Saya berharap ini menjadi gerakan “think globally, act locally”. Seperti yang dirintis angkringan Jogja, barudak Bandung, dan lainnya. Anda Setuju?

Saya yakin, blogger Pontianak, ups Kalimantan Barat, jumlahnya jauh melebihi daya searching saya. Maksud hati memeluk gunung, apa daya google tak sampai. Hehehe. Asumsi saya mengapa blogger lokal tidak terjangkau mesin pencari, selain karena jumlah blogger yang minim juga mayoritas blogger tidak sadar google. Untuk kasus pertama, saya rasa pelan namun pasti blogger lokal akan mengalamai peningkatan signifikan (Thanks Speedy!). Untuk kasus terakhir, sudah banyak blog yang mengulasnya. :)Ada masukan dari blogger lainnya?

Monday, June 11, 2007 |

2 komentar:

nanang said...

Haloo bang Akhim!!!
Saya senang sekali setelah membaca bahwa ternyata blogger di pontianak juga banyak. Saya ingin sekali agar ada satu blog yang khusus untuk blogger pontianak (dengan mencaftar terlebih dahulu tentunya) yaaa, semacam blog komunitas, dimana kita bisa saling mengisi blog tersebut, terutama dalam hal-hal yang berkaitan dengan daerah kita tentunya?
Acam mane bang?

stefanus akim borneo said...

Wah usulnya bagus sekali. Kami, kalau Nanang juga bersedia sedang mempersiapkan konsep itu salah satunya bang yaserace. Nantinya kalau sudah oke akan kami kontak. Terima kasih...

Kategori

Total Pageviews