Kelenteng di Perempatan Sriwijaya

SATU kelenteng di perempatan Parit Sriwijaya, Desa Sungai Enau, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya berdiri kokoh.

Parit Sriwijaya dulunya menjadi tempat pegungsian korban konflik sosial antara Dayak-Tionghoa tahun 1967 saat isu PGRS-Paraku sedang hangat-hangatnya.

Tjupak (Baca: Cupak) Kepala Desa Ampaning (Kini melebur menjadi Desa Sungai Enau) adalah kepala desa pertama di Ampaning. Tjupak lah yang memelopori dan menyediakan tempat bagi pengungsi Tionghoa untuk mendiami Parit Sriwijaya.

Kawasan ini oleh warga Dayak setempat disebut sebagai Pak Perak. Kini, Parit Sriwijaya dihuni beragam etnis, mulai Tionghoa pengungsi yang sudah beranak-pinak, Melayu, Dayak, serta Madura. Pembauran etnis yang terjadi secara alamiat tak pernah menimbulkan gesekan.

Aku berkesempatan mengunjungi tempat ini, Sabtu pekan lalu. Kunjungan yang bukan khusus, hanya lewat saja karena kampungku berada di ujung kawasan itu. *
--------------------------------------------------
Best Regards,

Stefanus Akim
http://stefanusakim.blogspot.com

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
--------------------------------------------------

Thursday, July 15, 2010 |

3 komentar:

ijoitem said...

saya berencana untuk "foto hunting" di daerah Kalbar, mudah-mudahan dalam waktu dekat, lahir di Pontianak (lama diluar) tapi masih banyak tempat di sekitarnya yang saya "tidak kenal."

tentunya untuk orang yang selalu berpergian sendirian faktor keamanan menjadi pertimbangan utama, secara umum bagaimana kondisi keamanan wilayah antara Pontianak setidaknya sampai Singkawang?

Amankah perjalanan malam yang dilakukan satu orang baik menggunakan mobil atau motor?

Penginapan-penginapan murah di jalur tersebut :)

Sebagai wartawan yang lebih akrab dengan kondisi di lapangan, mungkin Bang Stefanus punya masukan?

Terimakasih sebelumnya...

stefanus akim, said...

@Bung: http://ijoitem.wordpress.com/

Kondisi di Pontianak-Singkawang SANGAT AMAN, Bang. Jika ingin melakukan kunjungan ke sini, kita bisa kontak-kontakan terlebih dahulu.

Kalau penginapan ada beberapa yg murah. Namun untuk di beberapa daerah, Singkawang misalnya nanti saya hubungan dengan beberapa teman. Di antaranya ada teman-teman wartawan.

Ok, mungkin itu dulu. Sampai ketemu...

Salam...

Anonymous said...

Good brief and this enter helped me alot in my college assignement. Thanks you as your information.